Iklan Header

Main Ad

Pelabuhan Megah Makassar New Port, Tol Laut Yang Segera Diresmikan Jokowi


katapedia.net, Sulsel - Pelabuhan megah di Indonesia timur yang bernama Makassar New Port adalah pelabuhan yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pelabuhan ini direncanakan akan memiliki kapasitas sebesar 500.000 CBUs.

Seperti komitmen pemerintah, Tiga tahun penyelenggaraan tol laut, disparitas harga di sejumlah wilayah timur Indonesia turun 15-20 persen. Volume distribusi logistik nasional juga naik dari 238 juta ton tahun 2015, menjadi 279 juta ton pada 2018.

Kini, selain menambah kapal-kapal tol laut yang mengangkut barang-barang ke seluruh wilayah Indonesia, pemerintah mendorong agar kita tak lagi sekadar port to port (dari pelabuhan ke pelabuhan), tapi sampai end to end (langsung sampai ke konsumen). Semua ini agar masyarakat lebih merasakan harga yang terjangkau.

Kembali ke Makassar New Port, proyek pembangunan pelabuhan baru ini termasuk Proyek Strategis Nasional. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) adalah penanggung jawab proyek pembangunan pelabuhan ini. Proyek ini menelan dana sebesar Rp1,89 triliun dan dibiayai sepenuhnya oleh BUMN.

Tak hanya itu, PT Pelindo IV tengah mengajukan perluasan pengembangan kawasan pelabuhan Makassar New Port (MNP) menjadi 1.400 hektare. Kawasan ini dirancang untuk menjadi pusat logistik berikat di Kawasan Timur Indonesia (KTI)

Proyek ini mulai dilakukan konstruksi sejak Juni 2015. Saat ini proyek Makassar New Port ditargetkan selesai bulan ini dan du resmikan langsung oleh presiden Joko widodo.

Posting Komentar

0 Komentar