Iklan Header

Main Ad

Kepala Desa Bonto Sinjai Tengah ditetapkan Sebagai Tersangka


katapedia.net, SINJAI - Tim Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Sinjai akhirnya menetapkan Oknum Kepala Desa Bonto, Kecamatan Sinjai Tengah, MP sebagai tersangka tindak pidana pemilihan umum (Pemilu). Hal ini dilakukan setelah Tim gakkumdi Kab. Sinjai melakukan pembahasan tingkat dua,

Dalam konfrensi pers di Kantor Bawaslu Sinjai, Jumat (15/3/2019) sore, Ketua Koordinator Gakkumdu Sinjai, Saifuddin mengatakan, terkait dengan adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh seorang kepala desa dengan inisial MP Kepala Desa Bonto, sangkaan pasal 493 Junto 280 ayat 2 dengan terlapor Caleg DPRD Provinsi Sulsel Dapil 5 Sinjai-Bulukumba MR.

Dari hasil pembahasan kedua yang pertama terlapor MR sesuai dengan sangkaan pasal 493 dimana disebutkan bahwa setiap pelaksana atau tim kampanye yang melibatkan aparatur sipil negara maka dipidana maksimal 1 tahun dan denda maksimal 12 juta

“Dari pembahasan di sentra Gakkumdu, baik pendapat dari Kepolisian maupun Kejaksaan dinyatakan bahwa perbuatan yang dilakukan oleh terlapor MR tidak memenuhi unsur sangkaan pasal 493 junto 280 ayat 2, sehingga kasus dengan terlapor MR dihentikan,” ungkapnya.

Sementara terkait dengan sangkaan pasal 490 undang-undang nomor 7 tahun 2017, lanjut Saifuddin, dengan terlapor Kepala Desa Bonto, Sinjai Tengah MP dari hasil pembahasan kedua di sentra Gakkumdu yaitu dengan adanya tindakan menguntungkan atau merugikan peserta pemilu selama masa kampanye diancam 1 tahun penjara dan denda maksimal 12 juta.

“Dari hasil pembahasan kedua dinyatakan bahwa perbuatan terlapor saudara MP itu dinyatakan memenuhi unsur sangkaan pasal 490 undang-undang nomor 7 tahun 2017 sehingga kasus dinaikkan ke tahap penyidikan,” terangnya.

Setelah itu, tim Sentra Gakkumdu Sinjai langsung menyerahkan berkas perkara itu ke pihak Kepolisian Polres Sinjai untuk selanjutnya diserahkan ke Kejaksaan Negeri Kab.Sinjai. Pihak Penyidik Polres Sinjai pun berjanji bahwa berkas perkara tindak pidana pemilu oknum kades itu akan segera diserahkan ke Kejaksaan Sinjai.

Posting Komentar

0 Komentar