Iklan Header

Main Ad

Satelit Nusantara Satu Mengorbit, Berikut Lima Manfaatnya



katapedia.net, JAKARTA - Melansir dari kumparanTECH, Satelit Nusantara Satu menjadi yang pertama memiliki teknologi High Throughput Satellite (HTS) di Tanah Air. Satelit juga mempunyai kapasitas broadband tertinggi di Indonesia.

Satelit yang dibuat perusahaan provider satelit SSL asal Amerika Serikat ini menghabiskan biaya USD 230 juta atau setara Rp 3,2 Triliun, mulai dari pembuatan hingga peluncurannya.

Satelit diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX di Cape Carnaval, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat.

Satelit ditempatkan pada slot orbit 146 derajat bujur timur, tepat di atas Papua, Indonesia. Satelit ini dikendalikan melalui Satellite Control Center di Jatiluhur, Jawa Barat.

Lalu, manfaat apa yang bisa kita rasakan setelah Satelit Nusantara Satu mulai beroperasi pada April 2019 mendatang?

1. Memperluas Jangkauan Internet di Indonesia

Satelit Nusantara Satu diharapkan mampu menyediakan akses internet kepada 25 juta masyarakat Indonesia di 25 ribu desa yang masih terkendala koneksi internet. Sampai akhir tahun ini, 10 ribu desa ditargetkan sudah mendapatkan akses internet, dan 25 ribu desa pada tahun 2020 hingga 2021.

2. Mempercepat Jaringan Internet

Menyediakan layanan internet broadband berkecepatan tinggi, Satelit Nusantara Satu memiliki kapasitas sampai dengan 15 Gbps atau sekitar tiga kali lipat kapasitas satelit konvensional yang sudah ada di Indonesia. Tentu saja kelebihan ini mampu mempercepat segala proses yang berhubungan dengan jaringan internet di Tanah Air.

3. Meningkatkan Konektivitas Sumber Daya Manusia

Dengan meluasnya layanan jaringan internet ke berbagai desa di penjuru Indonesia, diharapkan lebih banyak pula sumber daya manusia (SDM) yang dapat tekoneksi satu sama lain. Selain dalam urusan komunikasi sehari-hari, konektivitas ini diharapkan mampu membuat masyarakat bisa mengakses informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan keragaman dan kualitas lapangan pekerjaan mereka.

4. Menciptakan Peluang Ekonomi

Satelit Nusantara Satu dilengkapi teknologi Next Generation Electric Propulsion, yang mampu membuat satelit bergerak memanfaatkan energi listrik. Sebelum ada teknologi ini, satelit menggunakan pendorong kimia yang membutuhkan banyak tempat dalam tubuh satelit. Teknologi baru ini membuat biaya satelit jauh lebih murah.

Hal ini juga akan mempengaruhi murah dan terjangkaunya layanan internet di Tanah Air. Berbagai UMKM dan bisnis lainnya diharapkan mampu mendapatkan akses internet dengan mudah dan murah. Hal ini membuka kesempatan bagi pelaku usaha menggunakan Internet, terutama media sosial untuk membuka ruang pemasaran mereka.

5. Menyambungkan Layanan Pemerintah

Dengan luasnya layanan internet dari Satelit Nusantara Satu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo) berencana menyambungkan layanan pemerintah seperti puskesmas, sekolah, kantor desa, dan kantor kelurahan di seluruh wilayah Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar