Iklan Header

Main Ad

Potret Terkini Kota Sinjai Pasca Piala Adipura, Disanjung Sebagai Citra, Diabaikan Sebagai Amanah


Katapedia.net, OPINI - Begitu antusiasnya warga Kab. Sinjai ketika kota tercinta ini dihadiahi piagam adipura. Semenjak malam persiapan penyambutan piagam tentang lingkungan ini dipersiapkan, berita-berita dimassifkan untuk mempublikasikannya, sosial media penuh puja-puji kepada pemerintah.

Paginya, warga sudah berkumpul diberbagai tempat yang menjadi rute penjemputan piagam ini. Arak-arakan pun dilakukan. Bahkan dengan penuh semangat Bupati Sinjai memimpin langsung arakan Adipura menggunakan sepeda. Sepanjang jalan baligho dan spanduk ucapan selamat ditebar dipenjuru kota. Semua bersuka-cita.

baca juga ; lidah "media plat merah" dan legitimasi penggusuran pedagang kecil di Sinjai

Tapi ironis, apa yang penulis takutkan terjadi juga. Piala Adipura hanyalah selebrasi seremoni pencitraan dan agenda rutinitas penilaian sarat pengaturan, Tidak lebih. Setidaknya bagi kabupaten Sinjai untuk tidak melakukan justifikasi terlalu lebar.

Letak ironisnya terlihat ketika Pemkab melakukan kerja tata kota yang keblinger. Apa yang terjadi pada penggusuran pedagang kecil adalah buktinya. Di sana pemerintah tidak memiliki solusi manusiawi. Padahal program penataan kota yang ramah lingkungan dan nyaman tidak boleh dilepaskan dengan kebijakan ekonomi yang manusiawi.

Ironi lain adalah, sejak diglorifikasinya penerimaan piagam Adipura, sampah masih bertebaran dimana-mana. Ternyata mekanisme pengelolaan sampah tak kunjung bisa dirampungkan oleh Pemda. Cara-cara kerja lama masih terpakai meski terbukti tidak lagi mampu mengatasi persoalan sampah di perkotaan. Apa yang penulis harapkan akan adanya terobosan pasca amanah Adipura ternyata jauh panggang dari api.

Lantas apa yang harus kita lakukan.? Apakah dengan mempunyai media plat merah untuk menutupi fakta akan bisa memperbaiki masalah ini. Bisakah menggunakan manuver LSM palsu untuk mengatasi sampah ini? Jawabanya tentu tidak bisa. Pemerintah harus berhenti menari di panggung opini dan mulai serius menyelami akar permasalahan yang ada dan mengambil tindakan bijak dan tidak grasa-grusu. Amanah adipura dari pemerintah Kab. Sinjai sebelumnya adalah tanggung jawab anda sekarang.

Penulis : (P)

Posting Komentar

1 Komentar