Iklan Header

Main Ad

Cabai Petani Ditengah Produk Melimpah Tapi Harga Anjlok


katapedia.net, SINJAI - Apabila ketersediaan barang melimpah, maka kemungkinan besar harga akan menjadi rendah. Rumus ekonomi inilah kira-kira yang sedang terjadi di Kabupaten Sinjai.

Selama beberapa tahun terakhir, petani di Kab. Sinjai memang menggenjot pertanian cabai, yang akhirnya berhasil membuat surplus hasil produksi pertanian di sektor ini. Namun adanya surplus mengakibatkan harga cabai menjadi sangat murah. Hal inilah yang dikeluhkan oleh para petai cabai akhir-akhir ini.

Bidang ekonomi - Pengawas Kebijakan pemerintah (PKP) Sinjai, melihat bahwa solusi dari masalah ini bisa diatasi dari merubah masalah menjadi peluang. Maksudnya bahwa Pemda Sinjai sudah seharusnya berpikir untuk membuat induatri pengolahan cabai di Kab. Sinjai.

"Cabai ini kan sifatnya adalah punya masa waktu, artinya kalau tidak terjual cepat bisa rusak dan membusuk. Kalau pemerintah bisa mendorong usaha-usaha pengolahan cabai tumbuh berkembang di Sinjai, maka petani tidak perlu lagi khawatir akan hal ini. Mereka tidak lagi tergantung pada penjualan cabai mentah, dengan cara mengelola cabai ini menjadi berbagai produk yang bisa tana lama dan menjadikan nilai jualnya juga meningkat"

"Ada banyak produk olahan dari cabai kalau pemerintah bisa jeli. Cabai bisa diolah dalam bentuk cair maupun bubuk kering dan lain sebagainya. Cuma pemerintah mau apa tidak mendorong hal ini?" Tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar