Iklan Header

Main Ad

Tambang galian C dan parahnya banjir di Gowa, Gubernur akan panggil Adnan


katapedia.net, Gowa - Gubernur Sulawesi selatan, Prof. Nurdin Abdullah bersama dengan Pangdam XIV dan Danlanud, saat melakukan pengecekan langsung di daerah bendungan Bili-bil, menduga kuat bahwa penyebab banjir besar dan luapan air disekitar bendungan karena terjadinya pendangkalan parah permukaan sungai. Proses pendangkalan permukaan sungai sendiri disebabkan oleh aktifitas tambang galian C.

Tambang galian C (mencakup pengerukan, penggalian atau penambangan material dan tidak termasuk material strategis) di Kab. Gowa memang gila-gilaan. Baik yang legal berizin maupun yang ilegal. Aktivitas pertambang besar-besaran sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya, dan ini dilakukan di sebagian besar daerah aliran sungai maupun hutan.

Selain pendangkalan aliran sungai, longsoran lahan dari tahun 2004 yang terus terjadi sampai sekarang akibat konversi lahan juga banyak terjadi disejumlah titik. Faktor penyebabnya antara lain adalah Alih fungsi hutan dan pertambangan di area hutan yang massif. Bupati Gowa, Adnan membantah tidak pernah mengeluarkan izin baru namun mengakui menyetujui banyak perpanjangan izin pertambangan selama ia menjabat bupati di Kab. Gowa.

Merasakan akibat dari besarnya bencana yang ditimbulkan oleh banjir di Kab. Gowa serta dampaknya terhadap daerah lain, maka Gubernur Nurdin abdullah akan menjadikan masalah pertambangan di Kab. Gowa ini menjadi skala prioritas kerjanya dalam waktu dekat.

Posting Komentar

0 Komentar