Iklan Header

Main Ad

Kepedulian pemda Sinjai terhadap ancaman bencana alam dikeluhkan


Katapedia.net, Sinjai - Daerah kabupaten Sinjai yang memiliki peta geografis daerah pegunungan dan dataran rendah memiliki kerentanan terhadap ancaman bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Setiap tiba musim penghujan dua kejadian diatas selalu terulang.

Belakangan kepedulian dan keseriusan pemerintah daerah Kabupaten Sinjai terhadap pencegahan dan penanggulangan bencana dipertanyakan oleh warga. Bagaimana tidak anggaran kedaruratan yang dialokasikan kepada Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) sangat kecil yaitu hanya 16 juta/tahunnya. Belum lagi alat inventaris yang sudah tidak layak pakai dan sebahagian hilang.

Anggaran yang sangat kecil mengingat BPBD 1x24 jam bekerja memantau kondisi rawan bencana di seluruh kecamatan. Tim reaksi cepat (TRC) BPBD juga siap siaga setiap saat apabila dibutuhkan.

Kurangnya kepedulian dan keseriusan Pemda Sinjai dalam hal ini Bupati Sinjai juga terlihat sangat lamban mengambil langkah. Oleh BPBD, sebelumnya sistem pemetaan dan SOP sudah diserahkan ke Bupati tahun kemarin, bahkan TRC BNPB pun sudah melakukan presentasi dihadapan Bupati terkait titik rawan bencana yang dibagi zona lengkap dengan jalur evakusi. Tapi pemasangan rambu dan simulasi belum juga dilaksanakan.

Posting Komentar

0 Komentar