Iklan Header

Main Ad

Gara-gara beda pilihan Caleg, 2 kuburan dipindahkan


Pihak pemilik tanah pekuburan meminta kepada keluarga almarhum untuk memindahkan Dua kuburan di Desa Toto Selatan Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Padahal pihak pemilik pekuburan ini masih memiliki hubungan keluarga dengan almarhum. Hal ini terjadi akibat perbedaan pilihan calon anggota legislatif 2019.

Adpaun Kuburan yang dipindahkan adalah kuburan almarhum Masri Dunggio, yang dimakamkan 26 tahun lalu silam, dan almarhumah Sitti Aisya Hamzah, yang jasadnya baru setahun dimakamkan. Makam mereka berdua terletak di halaman belakang milik kerabat mereka yang bernama Awono. Pemindahan kuburan itu dilakukan hari ini, Sabtu (12/1/2019).

Abdusalam Polontolo, keluarga pemilik kubur yang dipindahkan, bertutur,
"Awano itu bukan kader dari partai NasDem, sepengetahuan saya Awono memiliki saudara ipar yang mencalonkan diri calon anggota DPRD di Bone Bolango. Jadi hubungan dengan partai itu tidak tahu. Arwano pernah berkata, 'Kamu kalau tidak pilih Nani atau Iriani, lebih baik kamu pindahkan kuburan itu dan ini jalan saya akan pagar". Yang dimaksud oleh Awano sebagai Nani atau Ariani adalah caleg dari partai Nasdem.

sebelumnya sudah ada mediasi oleh kepala Desa setempat untuk menengahi perselisihan antar warga ini. "Kami sudah diundang ke kantor kepala desa untuk mediasi. Tapi kakak saya sudah telanjur sakit hati, dia malah memaki-maki kakak perempuan saya yang janda," lanjut Abdusalam.

Isak tangis keluarga mewarnai proses pemindahan dua kuburan ini. Pihak keluarga mengaku tidak tega melihat 2 kuburan ini dipindahkan. Proses pembongkaran kuburan hingga ke pemindahan berlangsung hampir 2 jam. Lokasi kuburan yang baru tidak jauh dari kuburan semula.

Taufik, kepala desa yang dikonfirmasi mengatakan mengaku saat rapat mediasi di kantor desa, ada kata yang diangkat soal pilih-memilih dalam pileg 2019.
"Tapi saat itu sudah saya tegaskan hak pilih itu hak semua orang dan tidak bisa dipaksakan. Hubungan keluarga pemilik lahan dan yang kubur dipindahkan adalah bagus, tetapi karena ada ini pileg" pungkas Taufik.

Posting Komentar

0 Komentar