Iklan Header

Main Ad

5 Hobi yang membuat anda lebih cerdas dan bahagia


Jakarta - seseorang bertanya tentang hobi anda, seberapa sering anda menjawab kalau hoby anda adalah menonton TV? ya, menonton TV secara berlebihan mungkin terdengar seperti hoby, tetapi itu bukan hoby yang sehat.

seorang psikiater menulis hal ini, "karena video musik, urutan aksi, dan iklan yang khas dalam TV memicu respon yg berorientasi pada kecepatan sepersekuan detik, menontonnya menempatkan kita kedalam keinginan serupa candu yang terus menerus dan tanpa pemulihan. tidak heran kadang-kadang orang mengeluhkan perasaan lelah dalam menonton TV."

bagaimana hoby membantu?
Hoby telah terbukti berkontribusi pada kesehatan yang baik. satu study menyimpulkan bahwa hoby yang melibatkan imajinasi, belajar dan berpraktek atau berbuat langsung dan berkesenian serta bermusik sangat menguntungkan bagi kita.
penelitian lain menyimpulkan bahwa hoby membantu melindungi otak kita. salah satu kesimpulannya adalah bahwa semakin lama seseorang melakukan apa yang mereka sukai, resiko dimensia menjadi lebih rendah.

jadi hoby apa yang berkontribusi pada kebahagiaan dan keceriaan itu?
1. Fotografi
sebuah penelitian dalam bidang fotografi, oleh Peter naish, Doctor of psichology di sebuah universitas terbuka, menimpilkan bahwa melihat melalui album foto membuat anda lebih bahagia daripada cokelat, musik, atau bahkan acara TV favorit anda. ketika seseorang melihat-lihat foto pribadi, itu secara positif memengaruhi relaksasi, ketenangan, dan rasa dihargai dan populer.
2. meditasi
meditasi membantu seseorang menjadi bisa menguasai emosi dan pikiran mereka.
3. berkebun
Berkebun sangat efektif dalam meningkatkan suasana hati anda bahkan melebihi kegiatan santai lainnya. mengapa? penelitian mengatakan bahwa mikrobakteri Vaccae yang terdapat dalam tanah membuat anda lebih bahagia dan pintar. bakteri dilingkungan ini memiliki kualitas anti depresi. Para ahli percaya bahwa bakteri ini membantu meransang perilaku belajar.
4. menulis
ketika anda menulis dengan topik yang ekspresif, itu dapat menarik garis antara stress dan bahagia. diperkirakan bahwa ini benar karena kemampuan menulis ekspresif, memungkinkn penulis untuk memahami suatu pengalaman buruk.
ya menulis tentang pengalaman traumatis memang susah pada awalnya tetapi akan membaik seiring waktu. penelitian mengungkapkan bahwa menulis selama 15 menit selama 3 hari berturut-turut menghasilkan peningkatan kesehatan mental dan fisik.
5. menggambar dan melukis
pada tahun 2009, sebuah penelitian dilakdilakukan diantara tahanan penjara dan disimpulkan bahwa terapi seni bermanfaat dalam menghasilkan efek positif, hasilnya menyiratkan peningkatan suasana hati dan locus of control internal diantara para peserta.
mengapa menggambar dan melukis berkontribusi positif dalam meningkatkan mood? itu karena Dopamin yang dilepaskan ketika anda menikmati kegiatan seperti itu. Ini adalah hormon yang bertanggung jawab untuk membuat anda merasa vaik dan bahagia.
Jika anda meyakini sepenuhnya, hoby membuat hidup kita lebih menarik dan berharga tetapi sangat tergantung pada jenis kegiatan yang anda kehar sebagai hoby. Beberapa dari anda mungkin sudah memiliki beberapa hoby ii dan beberapa dari anda mungkin mempertimbangkan untuk mengadopsi beberpa dari hoby ini. Apapun yang anda pilih, pastikan saja itu membuat anda bahagia dan membantu anda mengembangkan keterampilan anda.

Posting Komentar

0 Komentar